Minggu, November 14, 2021

PLN’s Customer Satisfaction Survey 2012

  Budiarto Eko Kusumo       Minggu, November 14, 2021
Perusahaan Listrik Negara (PLN) mempunyai tugas pokok sebagai penyedia kebutuhan listrik yang andal dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu, adalah penting dan mendasar bagi PLN memberikan pelayanan yang optimal kepada para pelanggan sebagai salah satu aspek dalam keberlanjutan perusahaan.
PLN meyakini tumbuh kembang bisnis yang dijalankan tidak terlepas dari tingkat kepercayaan yang diberikan masyarakat. Oleh karenanya, PLN terus meningkatkan kualitas pelayanannya bagi masyarakat.
Hadirnya listrik di setiap rumah tangga dan kebutuhan industri serta bisnis berperan penting dalam kemajuan Indonesia ke depannya. Demi mewujudkan hal tersebut, PLN proaktif melakukan perbaikan secara berkesinambungan terhadap kehandalan penyediaan listrik dan meningkatkan pelayanan secara customer oriented, sehingga menumbuhkan engagement antara PLN dan pelanggan yang pada akhirnya kepuasan pelanggan dapat terwujud.
Untuk mengukur pelayanannya kepada konsumen itu apakah sudah memenuhi keinginan pelanggan atau tidak, PLN setiap tahunnya berusaha menggelar Survey Kepuasan Pelanggan PLN (PLN’s Customer Satisfaction Survey).
Menurut Koordinator Survey Kepuasan Pelanggan PLN 2012, Dr. Eng. F. Danang Wijaya, ST, MT, maksud diadakannya Survey Kepuasan Pelanggan tahun 2012 ini adalah untuk mengetahui kinerja PT. PLN (Persero) di seluruh Indonesia dalam memberikan pelayanan kepada konsumennya.
Tujuan yang diharapkan dari survey ini adalah dapat memberikan masukan-masukan mengenai kinerja PLN selama satu tahun sehingga PLN dapat memberi atau membuat program-program kinerja yang selanjutnya dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumennya.
Survey ini dipercayakan kepada konsorsium dari Departemen Teknik Elektro UI, ITB, UGM, UNDIP, dan ITS untuk melakukan pengumpulan data (data collecting) di lapangan. Sesuai dengan Surat Tugas yang ditandatangani oleh Direktur PT. Elektroteknika Utama ITB bernomor 0103/EU/DU-ADM/08/2021 disebutkan bahwa sehubungan dengan pelaksanaan pekerjaan “Road Map Listrik Perdesaan Jawa Barat 2013-2017” kerja sama antara PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten dengan PT. Elektroteknika Utama ITB akan mengadakan proses pengumpulan data oleh surveyor pada bulan September sampai dengan Oktober 2012.
Keterlibatan saya dalam Survey Kepuasan Pelanggan PLN 2012 ini karena dimintai bantuan oleh teman yang sama-sama pernah berkarya di SurveyMETER, Umar Dhani. Ini untuk yang kedua kalinya. Survey yang pertama dilaksanakan di Bekasi, Jawa Barat, pada tahun 2011.
Sementara untuk survey yang kedua ini, saya menjadi surveyor PLN yang ditempatkan di wilayah Sukabumi dari tanggal 12 hingga 18 Oktober 2012. Dalam satu Tim terdapat lima orang yang bertugas di sana, yaitu Umar Dhani (Field Supervisor) dan empat surveyor (saya, Dwi Wahjuni, Juliawati, dan Syarif Hidayat).
Basecampnya menempati rumah mertua Syarif Hidayat yang berada di Jalan Goalpara RT 01 RW 03 Desa Sukamekar, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Sedangkan, rumah Syarif Hidayat (atau yang beken dengan panggilan Pongky ini) berada di sampingnya selang sebuah gang.
Saya berangkat dari Solo pada Rabu (10/10/2012) dengan KA Pasundan. Sampai di Stasiun Kiaracondong tengah malam. Karena tidak ada bus dari Bandung menuju ke Sukabumi yang berangkat tengah malam, maka saya numpang tidur di rumah teman semasa kuliah dulu yang kebetulan rumahnya di Bandung.
Esok harinya, sambil berangkat kerja ke Stasiun TVRI Bandung, saya diantar menuju Terminal Leuwipanjang. Dari terminal tersebut, saya langsung cari bus yang langsung menuju ke Sukabumi. Tiba di Sukabumi siang hari, dan dijemput oleh Field Supervisor
Sampai di basecamp, para enumerator langsung dibriefing oleh Filed Supervisor terkait agenda pengumpulan data di Sukabumi. Saya berpasangan dengan Field Supervisor, sementara Dwi Wahjuni berpasangan dengan Juliawati. Sedangkan, Syarif Hidayat jalan sendirian mengingat mereka bermukim di Sukabumi.
Jumat (12/10/2012) semua surveyor diajak Field Supervisor bersilaturahmi ke Kantor PLN APJ Sukabumi yang beralamatkan di Jalan R.E. Martadinata No. 39 Kelurahan Cikole, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Selain bertemu dengan pimpinan, juga minta pendampingan dari orang PLN bila seandainya menemui sejumlah hambatan di lapangan terkait responden yang kurang percaya terhadap surveyor.
Sampel yang diambil dari semua golongan tarif, mulai dari yang voltase kecil hingga yang besar, baik itu yang status rumah tangga, tempat bisnis maupun pabrik. Saya dan surveyor yang lainnya berhasil menyelesaikan Survey Kepuasan Pelanggan 2012 di Sukabumi selama satu minggu dengan jumlah responden sekitar 260 orang.
Pulang dari Sukabumi pada Kamis (18/10/2012) dengan membawa jahe besar seberat 5 kilogram yang dicarikan oleh ibu mertua Syarif Hidayat untuk saya bawa ke Solo dengan naik bus malam. ***


logoblog

Thanks for reading PLN’s Customer Satisfaction Survey 2012

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog